Sekilas Seni Kria IKJ



Program ini mengasah mahasiswa dalam kemampuan kreatifnya sekaligus mengembangkan keterampilan dalam menciptakan  kreasi kriya yang meliputi kriya keramik, kriya kayu, kriya tekstil, hingga produk alternatif yang berkaitan. Program kriya diharapkan mampu mengembangkan  keterampilan baik secara olah kreatif maupun keterampilan dalam bidang kewirausahaan di bidang kriya seni.

Program Kriya di era digital ini mengingatkan mahasiswa tentang betapa pentingnya “proses” dalam kehidupan modern. Selain itu, program studi ini juga menekankan kepada konsep karya produk kriya berbasis desain yang output-nya adalah menghasilkan ”designer maker” dalam bidang kriya. Program ini akan memberikan berbagai keterampilan dan pengalaman estetis kepada mahasiswa menggunakan berbagai pendekatan sehingga mahasiswa menghasilkan produk kriya yang merespons perkembangan ekonomi kreatif di tanah air. 

Lapangan Kerja

  • Bekerja mandiri secara professional sebagai seniman kriya dengan membuka studio sendiri.
  • Sebagai perancang di perusahaan industri-industri kriya dan home furnishing
  • Sebagai perancang di perusahaan furniture, rumah industri
  • Bekerja sebagai penata artistik dalam proses produksi film, tv dan seni pertunjukan.
  • Menjadi pengamat, konsultan, kurator seni, kritikus seni, peneliti, pengajar, kreator dan penulis bidang kajian kriya kayu.