Beranda > Kabar

Kabar SeniRupa IKJ | Minggu, 14 Mei 2017

Fashion Show “Volumes”, karya mahasiswa Program Studi Desain Mode Fakultas Seni Rupa – Institut Kesenian Jakarta dalam Pembukaan 23 Paskal Fashion District Bandung yang bekerjasama dengan Indonesia Fashion Chamber. Bandung, Jumat 12 Mei 2017. Di bawah Fakultas Seni Rupa IKJ, Program Studi Desain Produk Mode dan Busana sudah berdiri sejak tahun 1998. Program studi ini menghasilkan lulusan yang sudah banyak diserap oleh industri garmen sebagai fashion desainer maupun industri hiburan sebagai penata busana. Proses belajar mengajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas tetapi juga di luar kelas. Salah satu pembelajaran di luar kelas adalah dengan mengikuti pameran dan fashion show di luar sekolah.

Beberapa kali Prodi Desain Mode FSR IKJ mendapatkan kesempatan fashion show dan pameran bekerjasama dengan beberapa instansi. Kali ini prodi Desain Produk Mode dan busana mendapat kesempatan fashion show dalam pembukaan 23 Paskal Fashion District Bandung yang bekerjasama dengan Indonesia Fashion Chamber (IFC) yang dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Mei 2017 pukul 19.30 sampai dengan 20.30. Selain diberi kesempatan Fashion show mahasiswa Desain Mode juga diberi kesempatan mengikuti pameran yang berlangsung selama satu bulan yaitu 12 Mei sampai dengan 12 Juni 2017 di Main Atrium dan lantai 2, 23 Paskal Fashion District Bandung.

Fashion Show “Volumes” dalam pembukaan 23 Paskal Fashion District Bandung persembahan Program Studi Desain Produk Mode dan Busana FSR IKJ merupakan karya tugas matakuliah Desain Mode Dasar mahasiswa angkatan 2014 dan 2015. Koleksi busana ini merupakan tugas pertama dalam rancangan desain. Mahasiswa dirangsang untuk membangun “sense of fashion” sehingga menumbuhkan kreatifitas dalam diri mereka. Mahasiswa baru diajarkan bagaimana merealisasikan prinsip-prisip desain dalam garmen dan belum dibebani oleh teori-teori yang mendukung pembuatan rancangan fashion seperti style, look maupun target market. Koleksi busana “Volumes” ini terinspirasi dari gelombang dan alam. Meskipun tergolong mahasiswa tingkat dasar namun mahasiswa sudah mampu membuat koleksi busana yang menarik dan kreatif.

Fashion show Program Studi Desain Produk Mode dan Busana FSR IKJ akan menampilkan 8 outfit karya dari 8 mahasiswa.  Koleksi busana ini sangat menarik terutama siluet busana yang unik dan ber-volume. Bentuk busana yang ber-volume inilah yang menjadi tema fashion show yaitu “Volumes”. Mengingat karya tugas kuliah ini berfokus pada bentuk atau siluet maka material yang digunakan bukanlah kain-kain mahal melainkan kain belacu yang banyak dijual dan sangat mudah didapatkan.

Kami sangat berterimakasih kepada 23 Paskal Fashion District Bandung dan Indonesia Fashion Chamber yang sudah memberikan kesempatan mahasiswa Prodi Desain Produk Mode dan Busana Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta berpartisipasi dalam fashion show pembukaan 23 Paskal Fashion District Bandung. Tentu saja kegiatan ini sangat bermanfaat memberikan pengalaman baru kepada mahasiswa dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri dalam menampilkan karya-karyanya.