Beranda > Kabar

Kabar SeniRupa IKJ | Rabu, 12 April 2017

Pada tanggal 17-18 April 2017 Fakultas SeniRupa IKJ akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan kali ini berkaitan dengan dunia ilustrasi dan komik. Dave Ross yang tidak hanya dikenal sebagai komikus tetapi juga seorang storyboard artist pada beberapa produksi film dan dosen di Max the Mutt College akan hadir dan berbagi kepada publik dan civitas akademika SeniRupa IKJ. 

Pada tanggal 17 April 2017 Dave dan dosen-dosen SeniRupa IKJ akan bertukar pikiran dan berdiskusi mengenai kurikulum pengajaran ilustrasi, komik, animasi dan concept art. Acara dilanjutkan pada tanggal 18 April, dimulai dengan Public Lecture di pagi hari pukul 9.30 yang terbuka untuk umum. Dave Ross yang dikenal banyak mengerjakan ilustrasi untuk judul-judul komik seperti Justice League dari DC, Avanger, Iron Man Spiderman, Captain America dan Dark Horse dari Marvel. pada acara Public Lecture ini Dave akan didampingi oleh Toni Masdiono seorang komikus senior sekaligus dosen STDI yang saat ini sedang menangani proyek komik antarnegara, Toni Masdiono juga dikenal sebagai penulis buku laris, 14 Jurus Membuat Komik. Bersama Toni Masdiono, Dave Ross akan mengakhiri kegiatan dengan mengadakan workshop tertutup untuk 30 mahasiswa SeniRupa IKJ pada siang 18 April pukul 14.00

SeniRupa IKJ, yang sejak 10 tahun lalu menyelenggarakan jurusan ilustrasi merasa sangat beruntung dapat mengundang Dave untuk hadir di kampus. Kehadiran Dave di SeniRupa IKJ sangatlah relevan dengan situasi industri hiburan yang saat ini berkembang pesat, khususnya yang berbasiskan komik dan karakter superhero. Karakter-karakter superhero yang pada awalnya dimunculkan di komik di tahun 1960-an sekarang menjadi dasar pembuatan film laris dengan efek khusus CGI yang canggih seperti Iron Man, Avengers, Spiderman dan lain-lain. Cara menggambarkan superhero sedikit berbeda penanganannya dibanding menggambar manusia biasa, banyak trick dan tehnik tertentu agar penggambaran sosok superhero, di samping lebih tepat, juga terlihat “lebih super” dan lebih sensasional. Penggambaran karakter superhero memang spesialisasi dari Dave Ross. Pengetahuan dan pengalamannya menggambar superhero sejak tahun 1980-an dalam komik sudah dituangkan dalam buku Freehand Figure Drawing for illustrators: Mastering the Art of Drawings from Memory. 

Bagi publik yang berminat untuk ikut serta pada acara Public Lecture pada tanggal 18 April, jam 09:30, sila menghubungi Yuni 0813-1760-7333, acara Public Lecture ini bersifat terbuka untuk umum tidak dipungut biaya. selain dapat menghadiri acara Public Lecture akan tersedia dan dijual berbagai komik karya Dave Ross.