Beranda > Kerjasama

Lembaga Kebudayaan Asing

Erasmus Huis

Dalam rangka peringatan 40 tahun Erasmus Huis, Fakultas Seni Rupa membuat desain busana dan peragaan busana serta seni instalasi. Mengadakan workshop teater dengan menghadirkan sutradara Robert Drafin (Australia). Hasil Workshop di pentaskan di Teater Populer, dalam rangka kerja sama dengan Teater Populer.

Masih dalam rangka peringatan 40 tahun, Institut Kesenian Jakarta mengadakan seminar Bicentennial Seminar Raden Saleh Syarief Bustaman : An Artist and His life, The Many Worlds of Raden saleh. Seminar ini terselenggara antara lain atas dukungan kerja sama Pemerintah Propinsi DKI, Rumah Sakit PGI Cikini sebagai tempat seminar yang merupakan bekas kediaman Raden Saleh semasa hidupnya. Pembicara adalah ahli dari luar negeri yang dimungkinkan hadir dalam seminar ini atas kerja sama dengan Kedutaan Besar Belanda dan Goethe Institut.

Goethe Institut

Dalam rangka peringatan 40 tahun Institut Kesenian Jakarta pada tahun 2010, dilakukan kerjasama workshop kostum oleh Jan Kocman dan pertunjukan pantomim “Don Juan” dengan sutradara Milan Sladek. Pertunjukan diselenggarakan di Gedung Kesenian Jakarta dan Taman Budaya Jawa Barat, Bandung.

Center Cultural Francais (CCF) Jakarta

Dengan CCF, Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta mengadakan seminar perfilman. CCF memberikan kursus bahasa Perancis secara cuma-cuma untuk mahasiswa dan dosen Institut Kesenian Jakarta.

Australia Indonesia Institute

Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta di dukung oleh Australia Indonesia Institute, menyelenggarakan produksi pertunjukan teater “1001 malam” dengan sutradara Robert Drafin (Teater Liminal) dan Slamet Rahardjo Djarot (Teater Populer).


Perguruan Tinggi Luar Negeri

Institut Kesenian Jakarta (IKJ) bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI di Praha – Republik Cheko, The Academy Performing Art in Prague (AMU), The Academy of Fine Art in Prague (AVU), Czech National Theatre, Barrandov Studio dan Czech National Galery dalam program “Muhibah Seni Institut Kesenian Jakarta” yaitu yang difasilitasi oleh Direktorat jendral Pendidikan Tinggi – Republik Indonesia dengan menyelenggarakan diskusi dan Indonesian Contemporary Dance Performance, serta pemutaran film Indonesia. Pada kesempatan ini Rektor IKJ dan Rektor AMU menandatangani perjanjian kerjasama di bidang pendidikan.

Awal program kerjasama animasi dengan California Institute of The Arts adalah pada saat penyelenggaraan Festival Kesenian Indonesia 2009 yang di selenggarakan secara berkala setiap 2 (dua) tahun sekali diikuti oleh 7 perguruan tinggi seni di seluruh Indonesia. Kerja sama dengan California Institute of Arts (CalArts) di lanjutkan bulan November 2010 dengan kunjungan balasan IKJ ke CalArts untuk melakukan kolaborasi bersama khususnya untuk produksi animasi.


Kerjasama Dengan Negara Sahabat

Kedutaan Besar Islamic Republik of Iran

Mengadakan workshop kaligrafi, dan pameran hasil workshop kaligrafi yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta.

Kedutaan Besar Jepang

> Mengadakan workshop dan pameran hasil workshop boneka tradisional Jepang yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta.

> Pertunjukan teater berjudul “Obasute” hasil kolaborasi seniman Jepang dengan Fakultas Seni Pertunjukan Institut Kesenian Jakarta.

Kedutaan Besar Korea

Mengadakan workshop pembuatan keramik dan pameran hasil workshop keramik, yang diikuti oleh mahasiswa Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta.