Beranda > Akademik > Program Studi > Seni Murni > Sekilas Seni Murni IKJ

Sekilas Seni Murni IKJ



I. Peminatan Seni Grafis

Program ini melatih mahasiswa dalam teknik cetak, pengetahuan material, konsep dan teori seni, prinsip-prinsip estetika, unsur-unsur ekspresi dan penerapan serta pengembangan kompetensi dan kualifikasi. Mahasiswa belajar bagaimana menjelajahi semua teknik dan material yang dikenal di bidang ini. Penjelajahan semacam ini akan membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk menemukan ekspresi dan kreativitas pribadi mereka yang sesungguhnya yang didasarkan pada idealisme artistik.

Materi Studi

Mengenal dan mempelajari berbagai teknik cetak, pengetahuan bahan, konsep wawasan berkesenian, memahami prinsip-prinsip estetika, elemen-elemen ekspresi serta membahas penerapan dan pengembangan eksplorasi teknik dan bahan sebagai ungkapan pribadi

Lapangan Kerja

  • Menjadi seniman grafis profesional, dan kerja mandiri membuka studio, melakukan  pameran baik tunggal maupun bersama, di dalam dan luar negeri
  • Menjadi pengamat, konsultan, kurator seni, kritikus seni, peneliti, pengajar, penulis bidang kajian seni grafis.
  • Bekerja di perusahaan periklanan, studio-studio seni sebagai tenaga kreatif dan artistik. Bekerja sebagai penata artistik dalam produksi film, tv dan seni pertunjukan.

II. Peminatan Seni Lukis

Pengkhususan ini akan menghasilkan lulusan yang berkompetensi dan berkualitas dalam keterampilan melukis. Mahasiswa akan diperkenalkan pada berbagai teknik lukis, pengetahuan tentang material, unsur-unsur ekspresi dan penerapan serta pengembangan melalui eksplorasi teknik-teknik dan material sebagai ungkapan pribadi.

Materi Studi

Mengenal dan mempelajari berbagai teknik melukis, pengetahuan bahan, konsep wawasan berkesenian, memahami prinsip-prinsip estetika, elemen-elemen ekspresi dan membahas penerapan serta pengembangan eksplorasi teknik  bahan sebagai ungkapan pribadi

Lapangan kerja

  • Menjadi seniman lukis profesional, dan kerja mandiri membuka studio, melakukan pameran baik tunggal maupun bersama, di dalam dan luar negeri.
  • Menjadi pengamat, konsultan, kurator seni, kritikus seni, peneliti, pengajar, penulis bidang kajian seni lukis.
  • Bekerja di perusahaan periklanan sebagai tenaga disainer dan illustrator juga bekerja di studio seni sebagai tenaga kreatif dan artistik.
  • Bekerja sebagai penata artistik dalam produksi film, tv dan seni pertunjukan.

III. Peminatan Seni Patung

Program ini menyiapkan mahasiswa untuk menjadi profesional, berkompetensi dan berkualitas dalam bidang pahat, pengetahuan material, konsep-konsep seni, pemahaman prinspi-prinsip estetika, unsur-unsur ekspresi, dan teknik serta eksplorasi material sebagai eksplorasi pribadi untuk mengembangkan gagasan dan penciptaan kreatifitas berdasarkan konsep ekspresi tiga dimensi.

Materi Studi 

Mengenal bentuk dengan berbagai teknik seni patung, pengetahuan bahan, konsep wawasan berkesenian, memahami prinsip estetika, elemen ekspresi dan membahas penerapan serta pengembangan eksplorasi teknik, bahan sebagai ungkapan pribadi

Lapangan Kerja

  • Menjadi seniman patung profesional, dan kerja mandiri membuka studio, melakukan  pameran baik tunggal maupun bersama, di dalam dan luar negeri.
  • Menjadi pengamat, konsultan, kurator seni, kritikus seni, peneliti, pengajar, penulis bidang kajian seni patung.
  • Bekerja di perusahaan periklanan sebagai tenaga pembuat model dan juga bekerja di studio seni sebagai tenaga kreatif dan artistik.
  • Bekerja sebagai penata artistik dalam produksi film, tv dan seni pertunjukan.