Unit pelaksana teknik di bidang penerbitan/ UPT Penerbitan FSRIKJ merupakan unsur penunjang akademik di tingkat Institut yang menyelenggarakan kegiatan produksi di bidang perbukuan. Berdasarkan pada Keputusan Dekan Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta Nomor 1173/G.34/D/XII/ 2016 tentang UPT Penerbitan FSR IKJ, unit ini bertugas menerbitkan jurnal, buku ajar, buku/karya tulis akademik, jurnal seni rupa warna dan karya-karya ilmiah lainnya yang dihasilkan civitas akademik FSR IKJ. Secara struktural unit ini dibawah koordinasi Dekan FSR IKJ. UPT Penerbitan FSR-IKJ juga merupakan unit usaha yang diharapkan dapat memberikan keuntungan pada FSR IKJ Fakultas Seni Rupa, Institut Kesenian Jakarta.

Visi 

 UPT Penerbitan FSR IKJ menjadi pusat penerbitan dan percetakan publikasi karya ilmiah di bidang seni rupa dan desain yang berkualitas dan profesional dalam rangka pengembangan Tri Darma Perguruan Tinggi.
 

Misi

• Mewujudkan pusat penerbitan buku ilmiah di bidang seni rupa dan desain yang bermutu baik di tingkat nasional maupun internasional.

• Mewujudkan pusat pendokumentasian karya ilmiah dosen ataupun mahasiswa dalam bentuk jurnal ilmiah.

• Memberikan layanan jasa cetak kepada civitas akademik maupun masyarakat umum di luar lembaga FSR IKJ.

 

Manfaat

Manfaat dibentuknya UPT Penerbitan FSR IKJ adalah sebagai berikut: Mendorong tumbuh kembangnya budaya membaca, menulis, dan menerbitkan buku.

• Menunjang kegiatan civitas akademik FSR IKJ, khususnya bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa dalam proses pempublikasikan hasil-hasil karya ilmiah melalui media cetak.

• Menyebarluaskan buku dan karya ilmiah terbitan Penerbit IKJ Press sebagai penerbit yang dikelola oleh UPT Penerbitan FSR IKJ.

• Meningkatkan sumber daya manusia dalam rangka menjadikan penerbitan dan percetakan yang handal dan profesional.

• Meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan sesuai perkembangan zaman.