Beranda > Penelitian & Pengabdian Masyarakat

Desain Komunikasi Visual | Senin, 02 Januari 2012 | FX CATUR SATRIA

Maison Benny adalah sebuah toko sekaligus tempat pembuatan aneka macam taart, roti, bolu, makanan ringan, aneka kue kering, serta bermacam jenis produk olahan bakery lainnya. Selain itu Maison Benny juga menyediakan aneka camilan khas belanda seperti rissoles, kroket, bookepoetjes dan lain – lain. Maison Benny beralamat di jln. Cikini Raya no 69b Jakarta Pusat. Maison Benny telah berdiri sejak tahun 1957 dan merupakan salah satu pelopor bisnis toko kue dan bakery di Jakarta.

Salah satu keunikan Maison Benny adalah, masih mempertahankan resep – resep, takaran, dan cara – cara konvensional pada pembuatan kuenya. Hal ini membuat maison benny tetap memiliki karakter rasa yang sama seperti pada masa awal berdirinya dulu. Dikalangan pelanggan setianya, Maison Benny memiliki cita rasa yang khas dan dikenal sebagai toko kue klasik.

Tujuan proyek rebranding ini adalah untuk mengangkat kembali citra Maison Benny ditengah kondisi pasar yang terjadi sekarang. Poin penting yang menjadi perhatian adalah perilaku konsumen yang telah banyak berubah. Konsumen zaman sekarang tidak hanya mencari rasa yang lezat atau sekedar makanan pengganjal perut dari sebuah bakery. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh majalah bakery indonesia bekerja sama dengan PT. Market Research Partner (MRP) Indonesia pada tahun 2008, brand – brand bakery yang menempati posisi teratas dalam statistik, dinilai berdasarkan nilai – nilai emosional seperti pelayanan, keramahan, profesionalitas, dan nuansa yang ditawarkan.

 

Permasalahan yang dihadapi dalam rebranding ini adalah bagaimana memvisualkan citra baru bagi Maison Benny yang mampu menampilkan nilai – nilai emosional tersebut. Karena itu identitas visual maison benny harus diubah sehingga menampilkan nuansa yang lebih fresh, modern, menyenangkan, ramah dan bersahabat tanpa melupakan karakter maison benny sebagai bakery tempo dulu yang telah berusia lama. Konsep yang diangkat pada rebranding Maison Benny adalah memadukan pesan tempo dulu ke dalam sebuah penyampaian visual yang lebih modern, fresh, dan dinamis. Perpaduan ini diharapkan mampu menampilkan karakter atau ciri khas Maison Benny sebagai bakery tempo dulu dan mengkomunikasikannya kepada target audience masa kini. Konsep ini diharapkan akan mampu menciptakan dan mengangkat citra maison benny sebagai sebuah bakery tempo dulu, ke dalam sebuah persepsi baru yang memiliki nilai ekslusif, professional dan tetap memenuhi standar nilai tertentu dalam industri bakery modern.

FX CATUR SATRIA

Tahun 2010 | 3060250031