Beranda > Penelitian & Pengabdian Masyarakat

Desain Komunikasi Visual | Senin, 02 Januari 2012 | ALVIN STEFI VALENTINO T

Fakultas Seni Rupa (FSR), sebagai salah satu fakultas tertua di IKJ telah berkembang sebagai sarana pendidikan tinggi seni bermutu di ibukota yang telah membuktikan kualitasnya dan banyak memberikan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai pencapaian karya senimannya. Kenyataannya sekarang, nama FSR-IKJ sebagai lembaga tinggi seni rupa harus berkompetisi dengan berbagai lembaga pendidikan seni lainnya, seperti Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Trisakti, BINUS (Bina Nusantara), dan masih banyak lagi. Maka dari itu, diambil langkah kreatif untuk mempublikasikan keberadaan dan kualitas sebagai pembeda FSR-IKJ dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya lainnya. Media – medianya pun berkembang, hingga yang terakhir diluncurkan ialah situs web, yang mulai diluncurkan awal tahun 2008 dengan nama domain  HYPERLINK "http://www.fsrikj.ac.id" www.fsrikj.ac.id.

Setelah dianalisa, ditemukan beberapa hal penting mengenai hal apa saja yang menjadi solusi untuk re-desain. Sitemap, hal inilah yang menjadi utama dalam sebuah proses re-desain. Agar tingkat penyampaian pesan, berjalan sesuai baik dan sesuai kebutuhan penggunanya. Lalu perwajahan halaman atau layout, hal ini perlu diperhatikan agar tidak seperti desain sebelumnya yang kaku dan umum.

Proses menemukan ide dan gagasan tugas akhir ini dimulai dari menganalisa karakteristik visual. Bahwa yang terlihat dalam karya-karya seni mahasiswanya, FSR-IKJ cenderung ke arah gaya seni yang urban, naive, retro, dan colourful. Mereka menggunakan tema-tema yang sederhana untuk dijadikan inspirasi dalam berkarya.

Gagasan awalnya ialah mencitrakan FSR-IKJ sebagai sekolah seni yang ingin menarik perhatian dari sekian banyak saingannya, menarik perhatian dengan cara berpameran, karena kegiatan ini sangat erat hubungannya dengan dunia seni rupa. Gagasan visualnya ialah Ruang Pameran atau Exhibition Space, ruang yang maknanya lebih luas, tidak hanya dalam sebuah kotak. Exhibition yang berarti berpameran, mempresentasikan ruang aktivitas karya-karya mahasiswa kepada ruang publik untuk sebuah eksistensi dan tujuan tertentu lainnya.

Gagasan nama domain juga perlu dilakukan. Nama alamat web sebelumnya yaitu,  HYPERLINK "http://www.fsrikj.ac.id" www.fsrikj.ac.id, terdengar kaku dan sulit diucapkan. Melihat hal ini adalah awal yang cukup menentukan bagi pencitraan sebuah situs web, maka nama alamat ini perlu digubah agar lebih enak terucapkan dan bersahabat di telinga. Gagasan nama “senirupa ikj” menjadi solusi yang tepat, karena umum banyak yang belum mengetahui kepanjangan dari FSR-IKJ. Sehingga nama untuk re-desain situs web FSR-IKJ berubah  HYPERLINK "http://www.fsr.ac.id" www.fsr.ac.id menjadi  HYPERLINK "http://www.senirupaikj.ac.id" www.senirupaikj.ac.id. Penggunaan keterangan alamat domain .ac.id (baca;dot ac dot id) merupakan penjelasan dari situs web sebuah institusi, akademik atau universitas.

Langkah mendapatkan gagasan selanjutnya ialah menentukan karakteristik berpameran yang seperti apa yang mudah dan bersahabat dari segi visualnya. Seni instalasi dan pigura selalu menjadi objek menarik setiap pameran mahasiswa dan dosen di FSR-IKJ dan juga lingkungan ibukota. Bisa dikatakan FSR-IKJ memiliki karakteristik murni seni Urban, berwarna dan dinamis.

Konsep Visual
Ruang Pameran atau Exhibition Space, menjadi konsep visual re-desain situs web ini. Konsep ini menggambarkan sebuah ruang indoor yang terdapat banyak karya seni rupa bergaya modern. Pengguna akan dibawa menuju ruang demi ruang, seakan berada di dalam sebuah acara pameran. Karena re-desain ini berjenis korporasi, maka karya seni rupa yang ditampilkan terdapat pengaruh akademis. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian dan proses kerja yang masih umum tekniknya dan belum ada campur tangan eksperimen. Bisa dikatakan, bentuk konvensional yang terlihat dinamis dari sudut pandang berbeda.

ALVIN STEFI VALENTINO T

Tahun 2010 | 3060250010