Beranda > FSR-IKJ > Tentang FSR IKJ

Visi Misi Fakultas Seni Rupa IKJ 

 


VISI FSR IKJ
Menjadi pusat pendidikan seni rupa dengan ciri pembelajaran interdisiplin dan multidisiplin antara berbagai bidang ilmu dan seni serta berkarakter budaya urban Indonesia pada tahun 2026.

 

MISI FSR IKJ
Untuk mencapai Visi yang telah ditetapkan maka dijabarkan Misi Fakultas Seni Rupa sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan seni rupa sebagai seniman, pengelola kesenian, pengkaji seni, dan profesional.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk menjadi pusat penciptaan dan penelitian bidang seni rupa yang terbuka dan bermanfaat bagi masyarakat.
  3. Melakukan kegiatan kesenian khususnya kegiatan seni rupa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.
     

TUJUAN FSR IKJ

  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, memahami etika akademik, memiliki kompetensi akademis dan keterampilan bidang seni rupa dan adaptif terhadap perkembangan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi global.
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat menghasilkan karya atau kajian yang bermanfaat bagi masyarakat, dengan pertimbangan aspek estetika, dinamika sosial dan budaya masyarakat, khususnya masyarakat urban.
  3. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi keilmuan dalam melakukan penelitian dan pengembangan pengetahuan seni rupa yang bermanfaat dan memberikan kontribusi bagi dunia akademik, profesi maupun kebutuhan masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian, mampu bekerjasama secara multidisipiner, serta berperan aktif mendukung dan mewujudkan kemajuan industri kreatif di Indonesia. 

 


VISI DAN MISI PRODI


DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Visi Program Studi            

Pada tahun 2026 menjadi pusat pendidikan Desain Komunikasi Visual yang tanggap,  pada dinamisasi perkembangan desain baik lokal maupun global yang teraplikasi dalam bidang Desain Grafis, Ilustrasi dan Multimedia yang berinterigasi dengan disiplin seni yang lain.    

 

Misi Program Studi            

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan professional dalam bidang Desain Komunikasi Visual, sebagai pelaku, pencipta, pemikir dan/atau pengkaji yang peka terhadap lingkungan dan perkembangan budaya baik lokal maupun global.    
     
  2. Melakukan penelitian guna pengembangan bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang dilandasi oleh perkembangan teknologi komunikasi dan berkarakter pada budaya urban Indonesia.
     

Tujuan Program Studi            

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecintaan dan minat pada desain komunikasi visual yang bersumber pada nilai-nilai budaya Indonesia             

2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademis dan ketrampilan sebagai perancang desain komunikasi visual yang tanggap terhadap dinamika budaya maupun global berwawasan HAM, HAKI, dan lingkungan  dan berkarakter urban Indonesia.            

3. Menghasilkan karya ilmiah yang  dapat memperkaya perkembangan pengetahuan dan keahlian profesi  di bidang Desain Grafis, Ilustrasi atau multimedia            


DESAIN INTERIOR

Visi Program Studi            

Menjadi pusat pendidikan Desain Interior yang tanggap pada dinamisasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Desain Interior yang terintegrasi antar disiplin ilmu dan seni yang lain serta berkarakter budaya urban Indonesia dan berwawasan lingkungan pada tahun 2026.        

 

Misi Program Studi                

Untuk mencapai Visi yang telah ditetapkan maka dijabarkan Misi Program Studi Desain Interior sebagai berikut:

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan profesional dalam bidang desain interior, sebagai pelaku, pencipta, pemikir dan/atau pengkaji yang berwawasan lingkungan dan berperan dalam perkembangan seni budaya urban.            

2. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk menjadi pusat penciptaan dan penelitian bidang desain interior yang terbuka bagi seluruh masyarakat.            

3. Melakukan kegiatan kesenian khususnya kegiatan terkait bidang desain interior sebagai bentuk pengabdian masyarakat.            

 

Tujuan Program Studi            

Tujuan Program Studi Desain Interior FSR IKJ:            

1. Menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu melahirkan karya ilmiah atau karya desain yang menyumbangkan dan mengembangkan pengetahuan dan keahlian profesi bidang Desain Interior        

2. Menghasilkan lulusan yang mampu  memecahkan masalah yang berhubungan dengan fungsi dan kualitas ruang secara kreatif dan profesional.        

3. Menghasilkan lulusan yang mampu,  peka dan terampil mengolah unsure seni rupa dan  desain dengan mempertimbangkan  prinsip desain pada perancangan interior.        

4. Menghasilkan lulusan yang mampu bekerjasama secara multi disipliner yang terkait dalam proses perancangan mau pun pelaksanaan /produksi.         


KRIYA SENI

Visi Program Studi            

Menjadi pusat pendidikan Kriya Seni yang tanggap pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kriya yang terintegrasi antar disiplin ilmu dan seni yang lain serta berkarakter budaya urban Indonesia pada tahun 2026.            
 

Misi Program Studi            

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan bidang kriya sebagai   kriyawan/pelaku, pengelola kesenian, pemikir dan /atau pengkaji kriya yang peka terhadap lingkungan, perkembangan teknologi dan dinamisasi sosial budaya.            

2. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk menjadi pusat penciptaan dan penelitian bidang kriya yang terbuka bagi seluruh masyarakat.            

3. Melakukan kegiatan kesenian khususnya kegiatan terkait bidang kriya sebagai bentuk pengabdian masyarakat.            

 

Tujuan Program Studi            

1. Menghasilkan lulusan yang mahir dalam proses penciptaan seni kriya            

2. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam penggunaan bahan dan peralatan kerja kriya baik secara manual maupun digital            

3. Menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang kriya kayu/ testil/ keramik            

4. Menghasilkan lulusan yang unggul dan mampu melahirkan karya ilmiah yang menyumbangkan dan mengembangkan pengetahuan dan keahlian dibidang kriya kayu/ tekstil/ keramik.            


DESAIN PRODUK (DESAIN MODE & BUSANA)

Visi                                        

Menjadi pusat pendidikan Desain Fashion yang tanggap pada dinamisasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang fashion yang terintegrasi antar disiplin ilmu dan seni yang lain serta berkarakter budaya urban Indonesia pada tahun 2026.
 

Misi                                                                            

1.    Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan profesional dalam bidang fashion, sebagai pelaku, pencipta, pemikir dan/atau pengkaji.                                    

2.   Melakukan penelitian dan pengembangan untuk menjadi pusat penciptaan, penelitian dan informasi yang menjadi landasan bagi industri kreatif di bidang fashion yang terbuka bagi seluruh masyarakat                                    

3.    Melakukan kegiatan kesenirupaan khususnya kegiatan terkait bidang fashion sebagai bentuk pengabdian masyarakat.                                        

 

Tujuan Program Studi    

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang konsep fashion secara mandiri dengan metode perancangan yang berbasis riset berdasarkan prinsip-prinsip desain fashion, dan melalui kajian terhadap isu terkini sehingga menghasilkan karya desain fashion yang kreatif, inovatif, serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menyusun, mengevaluasi dan menjelaskan konsep rancangan fashion secara koheren berdasarkan aspek kebutuhan dan perilaku konsumen, estetika, sosial, sejarah, teknologi dan nilai-nilai budaya yang terkait dengan desain
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkomunikasikan dan mempresentasikan ide, informasi, serta hasil rancangan secara efektif dalam bentuk gambar/sketsa, tulisan, desain fashion, atau model baik dengan teknik manual, digital, maupun produk jadi.
  4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengaplikasikan prinsip entrepreneurship dalam mengembangkan berbagai kreasi, pemecahan masalah dan keterampilan praktis dalam menghasilkan rancangan fashion.                

SENI MURNI

Visi Program Studi            

Menjadi pusat pendidikan Seni Murni yang tanggap pada dinamisasi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang seni yang terintegrasi antar disiplin ilmu dan seni yang lain serta berkarakter budaya urban Indonesia pada tahun 2026.            

 

Misi Program Studi            

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan bidang seni murni, sebagai seniman/pelaku, pengelola kesenian, pemikir dan/atau pengkaji seni peka terhadap lingkungan, perkembangan teknologi dan dinamisasi sosial budaya
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan untuk menjadi pusat penciptaan dan penelitian bidang seni murni yang terbuka bagi seluruh masyarakat
  3. Melakukan kegiatan kesenian khususnya bidang seni murni yang berbasis interdisipliner dan multidispliner sebagai bentuk pengabdian masyarakat.    
     

Tujuan Program Studi Seni Murni FSR IKJ:

1. Menghasilkan lulusan yang mampu membuat karya dengan gagasan, teknik dan media konvensional maupun interdisipliner.

2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengkelola dan mengikuti pameran baik individu ataupun kelompok yang bersifat regional, nasional dan internasional.

3. Menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis karya dengan mempertimbangkan aspek estetika, semiotika, sosial dan budaya urban.

4. Menghasilkan lulusan yang mampu melahirkan karya ilmiah di bidang Seni Murni yang bermanfaat bagi masyarakat