Sekilas Seni Rupa Murni
Visi Program Studi
Menjadi pusat pendidikan Seni Rupa Murni yang berbasis teknologi digital dan berakar pada nilai-nilai lokal, keurbanan, berwawasan global serta memiliki semangat kolaborasi lintas disiplin pada tahun 2031.
Misi Program Studi
Untuk mencapai Visi yang telah ditetapkan maka dijabarkan Misi Program Studi Seni Rupa Murni sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan profesional dalam bidang Seni Rupa Murni, sebagai pencipta dan pengkaji yang peka terhadap lingkungan dan perkembangan seni budaya urban baik lokal maupun global.
- Melakukan penelitian guna pengembangan bidang ilmu Seni Rupa Murni yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang dilandasi oleh perkembangan teknologi komunikasi dan berkarakter pada budaya urban Indonesia.
- Melakukan pengabdian masyarakat bidang ilmu Seni Rupa Murni yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Tujuan Program Studi Seni Rupa Murni FSR IKJ:
Tujuan Program Studi Seni Rupa Murni FSR IKJ:
- Menghasilkan lulusan seni rupa murni yang mampu membuat karya dengan gagasan, teknik dan media lukis, patung, cetak grafis berbasis
- Menghasilkan lulusan seni rupa murni yang mampu mengelola dan mengikuti pameran baik individu ataupun kelompok yang bersifat regional, nasional dan internasional.
- Menghasilkan lulusan seni rupa murni yang mampu menganalisis karya dengan mempertimbangkan aspek estetika, semiotika, sosial budaya.
- Menghasilkan lulusan seni rupa murni yang mampu melahirkan karya ilmiah di bidang Seni Rupa Murni yang bermanfaat bagi masyarakat
Seni Rupa Murni
Mempersiapkan sarjana Seni Rupa Murni yang siap berprofesi sebagai perupa seniman lukis, grafis dan patung yang berbasis dwi matra maupun trimatra. Menjadi kurator atau kritikus di galeri seni dan media. Menjadi peneliti atau pengajar seni di sekolah, perguruan tinggi maupun lembaga pendidikan dan siap menjadi penata artistik untuk kebutuhan pameran, galeri, pertunjukan tari, teater, televisi hingga film.
Penguasaan keterampilan dan kompetensi di Program Studi Seni Rupa Murni :
- Mampu mengimplementasikan keterampilan teknik seni rupa murni dalam olah visual secara manual melalui pendekatan estetik dan artistik ke dalam karya seni rupa murni dwi matra atau trimatra.
- Mampu menciptakan beragam gagasan dan memanfaatkan IPTEK ke dalam bentuk karya seni rupa murni sesuai dengan perkembangan zaman dari proses merancang desain/sketsa 2D ataupun 3D menggunakan aplikasi software komputer dengan pendekatan estetik dan artistik.
- Mampu menghasilkan karya-karya seni rupa murni secara kreatif disertai kemampuan mendeskripsikan, merumuskan proses kerja penciptaan seni dan penyusunan tulisan ilmiah.
- Mampu mengkaji sumber kajian karya seni rupa murni melalui pendekatan ilmu seni, sosial, budaya, mengkritisi hasil karya seni rupa rupa murni dan sumber kajian seni rupa melalui pendekatan ilmu seni, sosial dan budaya ke dalam sebuah karya rupa seni.
- Mampu merancang dan menyajikan karya seni rupa murni dalam pameran dan mengelola konsep pameran tunggal atau kelompok, melakukan mengkurasi pameran seni rupa, baik dalam konsep pameran tunggal atau kelompok.
Lapangan Kerja
Sebagai seniman profesional di studio seni seperti: periklanan sebagai storyboard artist dan ilustrator, sebagai penata artistik dalam produksi film, TV dan seni pertunjukan. Menjadi seniman lukis/grafis/patung profesional dan kerja mandiri dengan membuka studio, mengelola pameran baik tunggal maupun bersama, di dalam dan luar negeri.
Karya TA 2021, Wina Luthfiyya Ipnayati, S.Sn. _MENAPAK JEJAK SANG PESINDEN_
Karya TA, Wirani Putri Rahmania, S.Sn. _DEFORMASI BENTUK KULINER BETAWI DALAM SENI GRAFIS CETAK TINGGI_
Karya TA 2021, Marsilam Sun Lukas, S.Sn. _VISUALISASI EFEK PSIKOLOGIS RUMAH TANGGA YANG BERANTAKAN TERHADAP ANAK DALAM SERI KARYA SENI LUKIS_
Karya TA 2021, Muhammad Nirwan Sambudi, S.Sn. _Refleksi Peristiwa Krisis 1998 di Indonesia Terhadap Keluarga dan Sekitarnya dengan Media Instalasi Seni Lukis Kaca_