Sekilas Desain Komunikasi Visual
Visi Program Studi
Menjadi pusat pendidikan Desain Komunikasi Visual yang berbasis teknologi digital dan berakar pada nilai-nilai lokal, keurbanan, berwawasan global serta memiliki semangat kolaborasi lintas disiplin pada tahun 2031.
Misi Program Studi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan profesional dalam bidang Desain Komunikasi Visual, sebagai pencipta dan pengkaji yang peka terhadap lingkungan dan perkembangan seni budaya urban baik lokal maupun global.
- Melakukan penelitian guna pengembangan bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang dilandasi oleh perkembangan teknologi komunikasi dan berkarakter pada budaya urban Indonesia.
- Melakukan pengabdian masyarakat bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Tujuan Program Studi
Tujuan Umum:
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kecintaan dan minat pada Desain Komunikasi Visual yang bersumber pada nilai-nilai budaya Indonesia.
- Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademis dan keterampilan sebagai perancang Desain
- Komunikasi Visual yang dapat berkolaborasi lintas disiplin ilmu dan tanggap terhadap dinamika budaya maupun global berwawasan HAM, HAKI, lingkungan, berkarakter urban Indonesia, serta memiliki kemampuan dalam bidang digital naratif.
- Menghasilkan karya ilmiah yang dapat memperkaya perkembangan pengetahuan dan keahlian profesi di bidang Graphic & interactive Design, Visual Narrative, Motion Design & Digital Animation.
Tujuan Khusus:
- Peminatan Graphic & interactive Design mengembangkan keilmuan, keterampilan, kompetensi di bidang desain grafis dan interaktif.
- Peminatan Visual Narrative mengembangkan keilmuan, keterampilan, kompetensi di bidang desain narasi visual.
- Peminatan Motion Design & Digital Animation mengembangkan keilmuan, keterampilan, kompetensi di bidang desain grafis yang bergerak dan animasi digital
Desain Komunikasi Visual
Merupakan bidang ilmu desain yang mempelajari teknik merencana sebuah media komunikasi dengan menggunakan elemen dan aspek visual yang dapat didukung atau terintegrasi dengan suara, gerak atau bersifat interaktif, dengan tujuan menjadi alat penyampai informasi serta persuasi yang efektif dan efisien. Desain Komunikasi visual (DKV) FSRD IKJ mengembangkan pendidikan yang merespon perkembangan teknologi dan seni budaya urban terkini.
Penguasaan keterampilan dan kompetensi di Program Studi DKV :
- Memiliki keterampilan dan kepekaan mengolah unsur rupa/desain dengan mempertimbangkan prinsip desain pada media perancangan visual.
- Mampu menyampaikan gagasan secara verbal dan visual dan menggambarkan secara manual maupun digital.
- Mampu mengolah huruf/tipografi, baik secara manual maupun digital dengan menggunakan berbagai pilihan media.
- Mampu merancang karya Desain Komunikasi Visual secara manual maupun dengan teknologi digital dengan menggunakan berbagai pilihan media.
- Mampu mengelola proses teknis dan penyebaran media desain komunikasi visual yang merupakan penyelesaian masalah komunikasi visual sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Ada tiga peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa DKV FSRD IKJ :
I. Peminatan Graphic Design & Interactive
Mempersiapkan mahasiswa sebagai pencipta dan pengkaji yang peka terhadap lingkungan dan perkembangan seni budaya urban baik lokal maupun global untuk berpikir kritis, menuangkannya dalam konsep komunikasi dan menciptakan solusi visual seperti identitas, publikasi-penerbitan, kampanye, iklan, pengarah jalan dan informasi untuk kemudian diaplikasikan pada media cetak maupun platform digital. Mahasiswa dilatih dengan menggunakan perangkat elemen-elemen grafis, tipografi, ilustrasi, fotografi dengan mengikuti perkembangan tren dan teknologi terkini.
Lapangan Kerja
Desainer grafis dan interaktif profesional yang kompeten pada perusahaan industri kreatif: desainer grafis corporate identity, desainer UI/UX, Inhouse designer, penata artistik, advertising agency, media digital dan interaktif, penerbitan buku, event organizer dan Public Relation.
Beberapa Contoh Karya hasil Tugas Akhir 2021 Pemintan Desain Grafis:
Desain Buku
Annisa Sekarani Yasmin Soekadis, S.Ds | Perancangan Coffee Table Book, Landmark di Kota Jakarta
II. Peminatan Visual Narrative
Pengkhususan dari keilmuan yang berfokus pada studi ilustrasi (gambar) dengan tuturan (naratif), untuk diterapkan dalam berbagai media baik konvensional maupun digital, seperti komik, concept art, picture book, storyboard, konsep serta aset visual game dan pekerjaan sejenis. Mahasiswa peminatan Visual Narrative diarahkan untuk menciptakan dan mengembangkan Kekayaan Intelektual (IP) Pribadi dan menjadi seorang profesional di bidang terkait Narasi Visual.
Materi Studi
Membahas mulai dari prinsip-prinsip dasar ilustrasi sampai aplikatif perancangan media promosi, informasi, publikasi dan entertaint. melalui analisis perencanaan, konsep desain dan produksi.
Lapangan Kerja
Sebagai ilustrator profesional yang kompeten pada perusahaan industri kreatif: Penerbitan Buku dengan Media cetak, digital dan elektronik, Advertising Agency, Production House, Studio Animasi, Film Production dan industri game atau bekerja mandiri sebagai ilustrator, kartunis, komikus, conceptor artist, storyboard artist dengan membuka studio ilustrasi.
Beberapa Contoh Karya hasil Tugas Akhir 2021 Pemintan Ilustrasi:
Buku Konsep Desain
Maria Aurellia Dyan Putri Utami, S.Ds | Perancangan Ilustrasi Simbolik untuk Motion Graphic Lagu “Juwita Malam” Karya Ismail Marzuki Aransemen Trio NonaRia
Buku Sketsa
Muhammad Emil Zaky Ramadhan, S.Ds | Perancangan Buku Saku Sketsa Urban Kota Depok
III. Peminatan Motion Design & Digital Animation
Memberikan kemampuan kepada mahasiswa/i-nya keahlian di bidang desain gerak dan animasi digital melalui penguasaan prinsip-prinsip perencanaan desain komunikasi visual, manajemen proses penciptaan mulai tahap praproduksi, produksi hingga pascaproduksi, penciptaan elemen-elemen visual konten animasi khususnya desain visual karakter melalui proses konseptualisasi hingga perwujudannya sebagai sebuah aset digital baik untuk kebutuhan animasi durasi panjang maupun animasi durasi pendek.
Materi Studi
Membahas mulai dari prinsip-prinsip dasar multimedia sampai aplikatif perancangan media promosi, informasi, publikasi dan entertainment. Melalui analisis perencanaan, konsep desain dan produksi.
Lapangan Kerja
Sebagai motion desainer dan animator profesional yang kompeten pada perusahaan industri kreatif: Media broadcasting, Desain UI/UX, Advertising Agency, Production House, industri game, Studio Animasi, Produksi Film atau bekerja mandiri sebagai animator dan motion grafis artist dengan membuka inhouse studio.
Beberapa Contoh Karya hasil Tugas Akhir 2021 Pemintan Multimedia:
Desain Aplikasi
David Juniar Adipoetro, S.Ds. | Perancangan Ui/ Ux Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik untuk LSM Rumah Induk Harum