
Sekilas Desain Komunikasi Visual
Visi Program Studi
Menjadi pusat pendidikan Desain Komunikasi Visual yang berbasis teknologi digital dan berakar pada nilai-nilai lokal, keurbanan, berwawasan global serta memiliki semangat kolaborasi lintas disiplin pada tahun 2031.
Misi Program Studi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bagi peserta didik untuk mencapai kompetensi akademis dan keterampilan profesional dalam bidang Desain Komunikasi Visual, sebagai pencipta dan pengkaji yang peka terhadap lingkungan dan perkembangan seni budaya urban baik lokal maupun global.
- Melakukan penelitian guna pengembangan bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia yang dilandasi oleh perkembangan teknologi komunikasi dan berkarakter pada budaya urban Indonesia.
- Melakukan pengabdian masyarakat bidang ilmu Desain Komunikasi Visual yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Tujuan Program Studi
Tujuan Umum:
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kecintaan dan minat pada Desain Komunikasi Visual yang bersumber pada nilai-nilai budaya Indonesia.
- Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan akademis dan keterampilan sebagai perancang Desain
- Komunikasi Visual yang dapat berkolaborasi lintas disiplin ilmu dan tanggap terhadap dinamika budaya maupun global berwawasan HAM, HAKI, lingkungan, berkarakter urban Indonesia, serta memiliki kemampuan dalam bidang digital naratif.
- Menghasilkan karya ilmiah yang dapat memperkaya perkembangan pengetahuan dan keahlian profesi di bidang Graphic & interactive Design, Visual Narrative, Motion Design & Digital Animation.
Tujuan Khusus:
- Peminatan Graphic & interactive Design mengembangkan keilmuan, keterampilan, kompetensi di bidang desain grafis dan interaktif.
- Peminatan Visual Narrative mengembangkan keilmuan, keterampilan, kompetensi di bidang desain narasi visual.
- Peminatan Motion Design & Digital Animation mengembangkan keilmuan, keterampilan, kompetensi di bidang desain grafis yang bergerak dan animasi digital
Program ini mendidik mahsiswa untuk menjadi profesional dalam bidang desain grafis, ilustrator, atau spesialis multimedia yang memiliki kemampuan menghasilkan desain-desain inovatif untuk promosi, penerbitan, dan komunikasi digital dan berbagai kebutuhan. Mahasiswa belajar seni ilustrasi, tipografi, periklanan, fotografi, teknologi komunikasi media dan informasi. Mahasiswa juga diharapkan menguasai teori dan praktik media cetak dan ikhwal perusahaan penerbitan. Selain itu, mahasiswa fakultas ini mendapat kesempatan mempelajari sejarah gaya desain grafis dan teori komunikasi visual. Pada akhir kuliah mahasiswa disyaratkan untuk magang guna mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja bidang ini. Program DKV menawarkan 3 bidang peminatan :
I. Peminatan Desain Grafis
Program yang mendorong mahasiswa untuk melakukan penjelajahan atas proses kreatif, teori komunikasi dan desain, serta merancang dan mengelola proyek-proyek desain yang rumit. Kuliah pendukung lainnya seperti ilustrasi, fotografi, tipografi, proses produksi juga ditawarkan. Kuliah seperti pemasaran, komunikasi, dan bisnis adalah pelengkap yang penying dalam kurikulum program ini.
Materi Studi
Membahas mulai dari prinsip-prinsip dasar sampai aplikatif perancangan media promosi, informasi, publikasi melalui analisis perencanaan, konsep desain dan produksi.
Lapangan Kerja
Desainer Grafis, Konsultan Desain, Inhouse Designer, Penata Artistik, Tenaga kreatif pada : Advertising Agency, Media cetak, Penerbit Buku (Book Publishing), Event Organizer (EO) dan Public Relation.
Beberapa Contoh Karya hasil Tugas Akhir 2021 Pemintan Desain Grafis:
Desain Buku
Annisa Sekarani Yasmin Soekadis, S.Ds | Perancangan Coffee Table Book, Landmark di Kota Jakarta
II. Peminatan Desain Illustrasi
Program ilustrasi menyediakan lingkungan kerja kreatif dan bersemangat untuk melakukan ekplorasi, pengembanan, dan saling bertukar gagasan visual. Dalam perkuliahan selain menerapkan proses tradisional juga membuka kesempatan seluas-luasnya untuk bereksperimen dengan teknologi pencitraan digital yang mencerminkan keragaman praktik kontemporer. Menggambar juga merupakan aspek penting dari kurikulum yang memungkinkan mahasiswa untuk mengembangkan bahasa visual pribadi.
Materi Studi
Membahas mulai dari prinsip-prinsip dasar ilustrasi sampai aplikatif perancangan media promosi, informasi, publikasi dan entertaint. melalui analisis perencanaan, konsep desain dan produksi.
Lapangan Kerja
Ilustrator, Animator, Kartunis pada perusahaan industri kreatif seperti: Penerbit Buku (Book Publishing), Media Masa (Mass Media) di antaranya majalah, surat kabar, bulletin, Advertising Agency, Production House, Studio Animasi, Film Production dan Game Industry.
Beberapa Contoh Karya hasil Tugas Akhir 2021 Pemintan Ilustrasi:
Buku Konsep Desain
Maria Aurellia Dyan Putri Utami, S.Ds | Perancangan Ilustrasi Simbolik untuk Motion Graphic Lagu “Juwita Malam” Karya Ismail Marzuki Aransemen Trio NonaRia
Buku Sketsa
Muhammad Emil Zaky Ramadhan, S.Ds | Perancangan Buku Saku Sketsa Urban Kota Depok
III. Peminatan Desain Multimedia
Program ini mendidik mahasiswa untuk memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menjadi profesional multimedia melalui proses belajar yang lengkap, mulai dari mempelajari prinsip-prinsip multimedia, proses perencanaan, cara menganalisis dan menyusun konsep multimedia sebagai media komunikasi visual hingga proses produksi dan karya akhir dalam bentuk media elektronik.
Materi Studi
Membahas mulai dari prinsip-prinsip dasar multimedia sampai aplikatif perancangan media promosi, informasi, publikasi dan entertainment. Melalui analisis perencanaan, konsep desain dan produksi.
Lapangan Kerja
Tenaga Kerja pada perusahaan industri kreatif : Broadcast Media, Desain Web, Advertising Agency, Production House, Games Industry, Animasi Studio, Film Production atau bekerja mandiri sebagai animator atau dengan membuka studio multi media.
Beberapa Contoh Karya hasil Tugas Akhir 2021 Pemintan Multimedia:
Desain Aplikasi
David Juniar Adipoetro, S.Ds. | Perancangan Ui/ Ux Aplikasi Daur Ulang Sampah Anorganik untuk LSM Rumah Induk Harum