Top
  /     /  Pameran Tugas Akhir

Perancangan Game Edukasi Musik Untuk Anak Sd “Musix”


Karya ini masuk kedalam pameran SSN- Sharing Screening Networking ” Pameran Tugas Akhir Mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa IKJ”

Detail Karya Mahasiswa:

Pembimbing I : FX Catur Satria Aji Wibowo, M.Sn.

Pembimbing II : Muhammad Thariq Hibatul Haqqi, S.Sn.

 


 

Deskripsi Karya

Latar Belakang Masalah
Musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat- alat yang dapat menghasilkan irama. Di era sekarang, banyak sekali orang tua yang mulai mengajarkan bermain musik kepada anak-anaknya, karena disinyalir dengan belajar musik anak-anak bisa mempelajari banyak hal diantaranya mengembangkan kemampuan fisik, mengajarkan kedisiplinan, melatih kesabaran dan lain sebagainya. Banyak anak yang bosan dan menyerah belajar musik karena metodenya yang membosankan atau karena teori dasar musik yang terlalu membingungkan untuk mereka atau karena memang butuh latihan yang rutin untuk bisa memainkan sebuah alat musik dengan benar, maka dari itu dibutuhkan sebuah metode pembelajaran yang lebih menarik kepada anak agar mudah dipahami yaitu melalui animasi. Fenomena lain yang menarik untuk dibahas adalah gaya hidup anak-anak yang sering bermain dengan gadget bahkan hingga kecanduan.

Solusi
Berdasarkan fenomena tersebut melalui metode wawancara dan pengambilan sampel untuk mendapatkan informasi dan membentuk sebuah landasan teori, nantinya akan membuat kesimpulan dengan tujuan memberikan pengetahuan dasar tentang musik kepada anak yang akan dikemas dengan sajian game yang interaktif dengan visual yang menarik dan bersahabat dengan anak. Diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan dan minat anak akan musik, juga dapat memanfaatkan ketergantungan gadget menjadi sebuah sarana penambahan ilmu bagi anak-anak, sehingga menjadi suatu hal yang positif dan bermanfaat.

Konsep Perancangan
Dalam perancangan Tugas Akhir ini, penulis menggunakan game sebagai media sarana untuk memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah dasar tentang musik, dengan memadukan berbagai unsur seperti musik, video, dan gameplay dalam sebuah kesatuan. Perancangan ini bertujuan sebagai bentuk pendidikan akan pentingnya pengetahuan musik untuk anak sekolah dasar, serta merangsang minat akan pendidikan musik yang diharapkan nanti anak-anak tersebut tertarik untuk mempelajari alat musik tertentu. Disamping itu, juga dapat memanfaatkan gadget sebagai media yang berpengaruh positif sehingga membuat kecanduan gadget
pada anak tidaklah untuk hal yang sia-sia tetapi memiliki unsur dalam menambahkan pendidikan dan kecerdasan kepada anak.

Proses Perancangan
MUSIX adalah game edukasi musik untuk perangkat smartphone berbasis Android. Konsep nama MUSIX diadaptasi dari kata musik. Kemudian mengalami modifikasi pada bagian akhir “sik” diganti menjadi “six” yang artinya 6. Game ini dirancang khusus untuk pendidikan music sekolah dasar yang notabene memiliki kelas hingga 6. Kemudian range usia anak SD biasanya adalah 6-12 tahun.

Pembuatan Logo
Logo game Musix terdiri dari gabungan logotype dengan karakter monster sebagai logogam yang ada di dalam game sebagai penunjuk konten di dalam game tersebut. Logo M di awal adalah hasil dari modifikasi dari huruf “M” kemudian diberikan aksen not 1/8 agar menekankan bahwa konten game ini berhubungan dengan musik. Warna dari logotype adalah putih dengan stroke hitam bertujuan agar logo mudah dalam penerapan di bidang apapun.

Pembuatan Asset Game
Proses produksi diawali dengan membuat kelengkapan asset berupa character, background, button sebelum masuk dalam pemrograman.

Karakter Utama
Karakter terdiri dari monster-monster yang berperan sebagai pemberi tantangan kepada player. Lalu ada karakter manusia yang melambangkan player itu sendiri. Menggunakan style kartun dan karakter yang cebol. Untuk karakter agar menimbulkan kesan kekanak-kanakan. Untuk monster sendiri dibuat agar memiliki muka yang bersahabat dan tidak menyeramkan.

Gameplay

Grade 1 (Hutan)

Materi : Pengenalan alat musik berdasarkan (Melodis, Harmonis, Ritmis)

Game : Menebak suara alat musik yg dimainkan itu apa.

Terdapat video penjelasan terlebih dahulu sebelum mulai game di tiap level.

Level 1: Alat music Melodis hingga Level 3: Alat Music Ritmis

Grade 2 (Balai kota)

Materi : Pengenalan Ansambel

Game : Drag & Drop alat musik sesuai dengan soal  Terdapat video penjelasan terlebih dahulu sebelum mulai game di tiap level

Level 1: Ansambel Sejenis a. Susunlah ansambel sejenis pianica b. Susunlah ansambel sejenis gitar

Level 2: Ansambel Campuran

Grade 3 (Pantai)

Materi : Pengenalan Titinada/not

Game : Kuis

Dibutuhkan suara untuk mendengarkan ketukan yang dimainkan karakter. Terdapat video penjelasan terlebih dahulu sebelum mulai game di tiap level.

Level 1: not penuh 1 = Nilai 4 ketuk hingga Level 6: not 1/32 = Nilai 1/8 ketuk

Grade 4 (Jembatan)
Materi : Pengenalan Nada, tangga nada dan not
Game : Memencet tuts sesuai partitur, memencet sesuai dengan not dan timing yang tepat Terdapat video penjelasan terlebih dahulu sebelum mulai game di tiap level.
Level 1: Mengikuti contoh hingga Level 3: Memainkan lagu sesuai not

Grade 5 (Jembatan)
Materi: Lanjutan dari grade 4 game menekan tuts di timing yang tepat
Game : Pengenalan chord dasar keyboard
Game : Mengikuti bentuk
Terdapat video penjelasan terlebih dahulu sebelum mulai game di tiap level.
Level 1: Pengenalan chord C G F hingga Level 3: Soal tes

Pembuatan Sample Suara
Pembuatan sample suara dilakukan dengan aplikasi FL Studio 20. Pembuatan sample suara ini untuk menyusun dan menciptakan audio yang custom sesuai keinginan, karena sample suara gratis yang tersedia di internet terkadang tidak sesuai dengan yang kita inginkan, dan tidak bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan kita, maka dari itu produksi sample suara dilakukan di tahap ini. Pertama yang harus dilakukan adalah mengatur tempo sebagai patokan. Disini penulisgunakan tempo 80 BPM karena untuk pembelajaran, tempo lambat sangat cocok agar tidak terlalu cepat.

Pembuatan Video Explainer
Video explainer berguna dalam proses penerangan materi kepada user, sebelum memulai game. Tujuannya agar user mendapatkan pemahaman terlebih dahulu secara mendasar, agar tidak mengalami kebingungan ataupun ketidaktahuan akan hal-hal yang terdapat di dalam gameplay. Pembuatan asset dari Adobe Illustrator kemudian diimport ke dalam Adobe After Effects dalam bentuk compositions.

Produksi Unity Game
Pembuatan game secara umum menggonakan flow seperti pembuatan software yaitu dengan jenis waterfall dengan rincian pengerjaan meliputi ideation, game prototyping, game design, development (create game program and game assets), testing, maintenance, update (minor & major).

 

 

 

 


Tinjauan Pustaka

Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Jakarta: Depdikbud

Choksy, Lois. 1998. The Kodaly Method I: Comprehensive Music Education. Amerika Serikat: Prentice Hall

Coyle, Rebecca. 2010. Drawn to Sound: Animation Film Music and Sonicity. Sheffield: Equinox Publishing Limited

Heru, Jelia Megawati. 2016. Pengetahuan Dasar Seni Musik. Indonesia: Pustaka Muda.

Hidayatullah, Riyan, Hasyimkan. 2016. Dasar-dasar Musik. Yogyakarta: Arttex.

Hidayatullah, Riyan. 2020. Pendidikan Musik Untuk Anak di Era 4.0. Yogyakarta: Arttex.

Jamalus. 1991. Pendidikan Kesenian I (Musik). Jakarta: Bumi Aksara.

Kusdinar, Hendri. 2014. Asyiknya bermain musik. Bandung: Rosda.

Pressman, Roger S. 2012.Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi Publisher

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sajja Priti, Arkerkar. 2010. Knowledge Base System. Sudbury, MA, USA: Jones & Bartlett Publisher

Sarazzin, Natalie. 2016. Music and the Child. Brockport: Open SUNY.

Setiawan, Dedy. 2016. Seni Musik dan Lagu AUD (Anak Usia Dini). Indonesia:

E-Book

Sukohardi, Ali. 2019. Teori Musik Umum. Yogyakarta: Pusat Musik Liturgi

  1. O. Galitz. 2007. The Essential Guide to User Interface Design, Canada: Wiley.

Pakarkomunikasi.com (2017, 22 Maret). Desain Komunikasi Visual – Pengertian,

Ruang Lingkup, dan Jenisnya. Diakses pada 19 Maret 2020, dari

https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-visual

Nesabamedia.com (2019, 30 Juni). Pengertian Game Beserta Sejarah, Manfaat, serta Jenis-Jenis Game, Lengkap! Diakses pada 20 Maret 2020, dari

Pelajarancg.blogspot.com (2019). Tempo, Pengertian Tanda Jenis Macam

Contohnya Dalam Musik. Diakses pada 20 Maret 2020, dari https://pelajarancg.blogspot.com/2018/06/tempo-pengertian-tanda-jenis-macam- contohnya-dalam-musik.html

Pendidikan.co.id (2018). Pengertian Musik Ansambel, Jenis, Cara dan Contohnya.

Diakses pada 2 April 2020, dari https://pendidikan.co.id/pengertian-musik-ansambel/

Chikungunya.wordpress.com (2011, Mei). Definisi Game dan Jenis-jenisnya. Diakses pada 2 April 2020, dari

Pakarkomunikasi.com (2017, 22 Maret). Desain Komunikasi Visual – Pengertian, Ruang Lingkup, dan Jenisnya. Diakses pada 7 Mei 2020, dari https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-visual

Dignited.com (2019, 21 Mei). Smartphone “Aspect Ratio” — Meaning, Types, and Why You Shouldn’t Care. Diakses pada 7 Mei 2020, dari https://www.dignited.com/31992/smartphone-aspect-ratio-meaning-types-and-why-you-shouldnt-care/

 


 

Sebarkan :
Daftar