Top
  /     /  Pameran Tugas Akhir

Perancangan Picture Book Sebagai Sarana Mengajarkan Toleransi Dalam Kehidupan Sehari-Hari.


Karya ini masuk kedalam pameran SSN- Sharing Screening Networking ” Pameran Tugas Akhir Mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa IKJ”

 

Detail Karya Mahasiswa:

Pembimbing 1: Saut Miduk Togatorop, M.Sn.
Pembimbing 2: Hafid Alibasyah, M.Sn.

 


 

Deskripsi Karya:

Latar Belakang

Indonesia adalah negara multikultural, yang berarti Indonesia terdiri dari berbagai kebudayaan, ras, etnis, suku, warna kulit dan kepercayaan yang berbeda; baik suku asli maupun pendatang. Di Indonesia, wujud toleransi dalam keberagaman dicerminkan dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Semboyan tersebut mengandung makna berbeda-beda tetapi tetap satu; mencerminkan masyarakat Indonesia yang beragam dari mulai suku, warna kulit, etnis, dan kepercayaan baik spiritual maupun agama . Proses akulturasi berbagai kebudayaan dari banyak bangsa yang datang ke Indonesia pun turut memperkaya keberagaman di negeri ini.

Terlepas dari fakta bahwa negara Indonesia adalah negara multikultural, namun sayangnya isu- isu menyangkut SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) menjadi marak terjadi, apalagi menjelang pemilihan umum . Sedihnya, hal buruk tersebut kemudian dicontoh oleh anak-anak usia dini di tingkat taman kanak-anak dan sekolah dasar.

Perundungan seperti ini sering dianggap remeh dengan alasan hanya bercanda. Padahal , pelecehan verbal seperti itu bisa mempengaruhi kondisi mental korban dan termasuk dalam kategori kekerasan.Tetapi, saat ini masih minim sekali materi pembelajaran tetang topik toleransi dan keberagaman, terutama yang dirancang khusus untuk anak-anak usia tiga hingga delapan tahun. Materi pembelajaran yang dimaksud bukan hanya buku materi ajar di sekolah, tetapi juga buku cerita. Hal ini nampaknya terjadi karena masih banyak orang dewasa yang menganggap materi seperti itu terlalu berat untuk dibahas bersama anak, dan meninggalkan tradisi mendongeng. Padahal, golongan usia tersebut termasuk dalam tahapan emas dalam perkembangan anak, dan mendongeng dapat sangat membantu anak dalam memahami pesan- pesan luhur serta mendekatkan hubungan anak dan orang dewasa.

 

Berkaitan dengan latar belakang yang sebelumnya sudah di paparkan maka, penulis ingin membuat sebuah picture book. Picture book, adalah buku yang mengkombinasikan antara gambar dan teks singkat,ditargetkan dan dirancang untuk usia 5-8 tahun. Media picture book dipilih karena sifatnya yang mengandung lebih banyak gambar dibandingkan teks, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak pada usia tersebut. Media picture book juga diharapkan menjadi sarana penyampaian yang tidak hanya efektif tapi juga menyenangkan serta dapat mempererat hubungan antara anak dan orangtua,guru maupun wali.

Solusi.

Rumusan masalahnya adalah bagaimana merancang picture book seperti apa yang cocok bagi usia anak 5-8 tahun agar supaya pesan-pesan tentang keberagaman dan toleransi dapat tersampaikan dengan baik?.

Konsep Perancangan

Gagasan Umum.

Gagasan umum dari perancangan ini adalah membuat sebuah picture book yang mengajarkan anak-anak tentang arti perbedaan tanpa harus menggurui lewat ideologi negara. Format buku adalah buku cetak hard cover dengan ukuran 26x25cm, dengan tebal kurang lebih 24 halaman.  Format buku dirancang agar buku mudah dibawa dan dipegang anak-anak, bisa memuat visual yang lebih jelas serta tahan lama. Media pengerjaan ilustrasi adalah ilustrasi digital. Untuk menambahkan elemen imajinatif,ilustrasi buku akan dipadu  dengan elemen kolase. Bahasa yang digunakan dibuat sesederhana mungkin dengan ukuran text yang besar-besar supaya anak mudah membacanya.

Gagasan Khusus.

Gagasan khusus dari perancangan ini adalah membuat sebuah cerita yang menyenangkan dgn plot cerita akan diceritakan dari sudut pandang sebentuk makhluk luar angkasa/ alien. Alien tersebut,yang gemar mengamati makhluk bumi sangat kagum manusia. Yang membuatnya kagum karena menurutnya meskipun bentuknya berbeda-beda manusia tetap bisa berkawan satu sama lain.

Pemilihan teknik kolase sebagai sebuah penekanan terhadap pembeda dari karya ini dengan karya sejenis sehingga karya ini kuat akan sisi ilustrasi eksperimentalnya. Ilustrasi digital juga dipakai sebagai sebuah pertimbangan efisiensi dalam pengerjaan dan untuk usaha menampilkan keterampilan meggambar terkini.

Proses Perancangan

Praproduksi

Setelah menyusun moodboard dan referensi visual, dimulailah pengerjaan naskah kasar dalam bentuk stroyline dilanjutkan dengan storyboard dalam bentuk thumbnail.

moodboard

storyboard dalam bentuk thumbnail

Sketsa Desain Karakter.

Ada tiga karakter utama cerita ini: si alien, anak laki-laki berambut keriting, dan anak perempuan bercelana overall.  Agar lebih mudah, penulis membuat tabel untuk mendata ciri dari masing karakter terlebih dahulu, sebelum akhirnya dituangkan ke bentuk sketsa. Bentuk alien dirancang dengan bentuk dasar yang sederhana, namun tetap tanpa menghilangan kesan ikonik; oleh karena itu dibuatlah sosok alien yang bentuknya hijau dan bertopi oranye.

Studi desain karakter

Desain karakter terpilih

Proses Digitalisasi.

Proses pengerjaan digitalisasi ilustrasi digunakan software Photoshop, pengerjaan ilustrasi disesuaikan dengan thumbnail dengan beberapa kemungkinan alternatif desain.

Sketsa dari thumbnail

proses layout buku menggunakan software InDesign.


Daftar Pustaka

Afriki, Al Farani, dkk. 2014. Indahnya Kebersamaan: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Agung, Leo, Sutoyo, and Sulasih. IPS 1 Untuk SD/ MI Kelas 1. Jakarta: Pusat PerbukuaN Departemen Pendidikan Nasional

Ahyani, Latifah Nur . (2010, December ). METODE DONGENG DALAM MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KECERDASAN MORAL ANAK USIA PRASEKOLAH. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, 1, hal. 24-32.

Angie St Anggari, Afriki, dkk. 2016. Indahnya Kebersamaan: Buku Tematik Terpadu 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ateneo Human Rights Center. (2015). Sourcebook on Children’s Rights in ASEAN and Other Related Human Rights Regional Instruments. Makati City: Ateneo Human Rights Center.

Clinton, Hillary Rodham R. (1996). It Takes a Village. Simon & Schuster.

Chall, Jeanne. 1983. Stages of Reading Development. New York: McGraw Hill. hal. 10-24

Fakhratin, Anis, Arifah Suryaningsih,Dany Bilkis Saida Aminah, dkk . 2016. Mengelola Keragaman di Sekolah: Gagasan dan Pengalaman Guru . Jogjakarta: CRCS (Center for Religious and Cross-cultural Studies.

Gerintya, Scholastika. (2018). 77,6 Persen Responden Suka Mendongeng, Anda Bagaimana? Diakses: 11 Oktober 2019 . Dari : https://amp.tirto.id/776-persen-responden-suka-mendongeng-anda-bagaimana-dai2

James W. Vander Zanden, (2007). Human Development. New York: Mc-Graw Hill.

Kirnandita, Patresia. (2017, May 16). “Mencegah Anak-Anak Melakukan Bullying Berbasis SARA ” Diakses May 11, 2019, dari Tirto.id: https://tirto.id/mencegah-anak-anak-melakukan-bullying-berbasis-sara-com

Kusumawati, Heny. 2016. Indahnya Keragaman di Negeriku: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Larbalestier, Simon. 1995. The Art and Craft of Collage. Chronicle Books.

Malchiodi, Cathy A. 1998. Understanding Children’s Drawing. New York: The Guilford Press

Mulyaningsih, Sri, dan Tuju Widodo. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Intisari. (1999). Kumpulan Artikel Psikologi Anak. Jakarta: Intisari.

Usodo, Winarno. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.Wiwoho, Bimo. (2017, May 12). KOMNAS PA Khawatir Anak Mengolok Teman dengan Sebutan Kafir. Diakses May 14, 2019, Sumber: .cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170512190024-20-214439/komnas-pa- khawatir-anak-mengolok-teman-dengan-sebutan-kafir?.

Zak, Paul. J. (2013,December 17). How Stories Change the Brain. Diakses 11 Oktober 2019 Sumber: https://greatergood.berkeley.edu/article/item/how_stories_change_br

Putri, A. W. (2017, Maret 12). Dongeng Meningkatkan Kepekaan Otak Anak. Diakses: 9 Oktober 2019. Sumber: Tirto.id: https://tirto.id/dongeng-meningkatkan-kepekaan-otak-anak-ckAF

The Institute for Human Services. (2007). Developmental Milestones Chart. http://www.rsd.k12.pa.us/Downloads/Development_Chart_for_Booklet.pdf, Ohio

Yayasan Cahaya Guru. 2014. Beragam Bukan Seragam: Panduan Praktis Menumbuhkan Rasa Kebangsaan dan Keragaman . Ciputat, Tangerang Selatan: Penerbit Literati Imprint dari Penerbit Lentera Hati.

(n.d.). Diakses April 23, 2019, from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/toleransi

(n.d.). Diakses April 22, 2019, from KBBI Daring: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/anak (n.d.). Diakses April 23, 2019, from Merriam-Webster: https://www.merriam-

webster.com/dictionary/diversity


 

Sebarkan :
Daftar